PAKAN IKAN LELE, CUPANG, NILA DAN PATIN

pakan-pakan ikan lele, cupang, nila dan patin

pada dasarnya ikan juga makhluk hidup yang membutukan asupan makanan. nah berikut ini jenis-jinis ikan beserta pakanya


 Berbagai macam jenis makanan ikan lele yang A.  alami dan relatif murah dari harga pakan ikan lele pasaran. berbagai cara yang dapat kita tempuh untuk budidaya ikan lele salah satunya adalah budidaya dengan menggunakan kolam terpal dan kolam tembok atau juga bisa menggunakan sistem bioflok.


jika peternak menggunakan sistem bioflok sangat penting menggunakan pakan alternatif atau alami, pakan ini menjadi makanan yang paling disukai banyak jenis ikan lele. ikan lelepun juga menjadi lebih cepat besar. kita sebagai pembudidaya tentunya juga harus memilih makanana yanag sehat dan membuat hewan yang kita budidaya lebih cepat tumbuh besar dan berkembangbiyak.


berikut jenis makanan ikan lele alternatif dan alami bisa mempercepat pertumbuhan ikan lele.


1.  manggot lalat

manggot lalat adalah makanan alami ikan lele

manggot bisa tumbuh dengan siklus tertentu yaitu melalui telur lalat.

jenis lalatnya seperti lalat black soldier fly dengan metamorfosis dengan fase kedua setelah mengalami fase telur. 



2.  ikan rucah 

ikan curah memiliki gizi sangat tinggi, kebanyakan ikan lele lebih suka memakan ikan curah ini karena memiliki banyak protein yang super tinggi.



3.  bekicot 

bekicot adalah bahan pakan ikan yang memiliki kandungan sangat lengkap dan sangat bagus sebagai makanan yang dapat menjadikan ikan lele cepat pertumbuhanya. ikan lele juga sangan menyukai bekicot tersebut, sampai jika diberi makan ikan lele pun berebut sampai langsung habis satu bak bessar untuk ikan lele satu bolam 200 ekor ikan lele.



4.  cacing 

kadar cacaing lebih tinggi dibandingkan pakan yanag lainya. karena cacing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan hewan lainya. cacing juga memiliki protein sangat tinggi hingga mencapai 76%. berbagai macang cacing namun cacing sutra lah yang sangat dibutuhkan. karena cacing sutra dapat membuat pertumbuhan ikan lele sangat cepat.



B.  Makanan ikan cupang

banyak sekali ragam pakan ikan cupang alami, ikan cupang juga membutuhkan pakan yang kaya akan manfaat. justru ikan hias harus diberi pakan yang dapat memberikan kekebalan tubuh, dan kaya akan manfaat. 


rekomendasi makanan ikan cupang terbaik


1.  jetik nyamuk 

makanan ikan paling umum adalah jentik nyamuk. jentik nnyamuk itu sendiri juga sangat mudah ditemukan. jentik nyamuk biasa disebut dengan cuk, jika ingin sengaja membuat cuk ini sangat mudah sekali caranya. kita bisa mengisi ember dengan air bekas cucian beras dan tempatkan ditempat gelap namun terbuka tunggu hingga beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.



2.  cacing darah

sama dengan namanya cacing darah ini memiliki warnanya yang merah menyala. namun cacing darah ini tidak memiliki banyak protein. 



C.  pakan alami ikan Nila

macam-macam pakan ikan lele berikut ini


1.  plankton dan fitoplankton

ikan nila membutuhkan kolam yang bersih, maka dari itu untuk membuat kolam dipaskikan agar kolam tersebut bersih dari sampah lalu beri pupuk dan siram air.

plankton dan fitplankton kecil-kecil ini akan menjadi makanan bagi ikan nila, kadar proteinya mencapai 21-37%.



2.  Azolla Pinnata

tumbuhan ini seperti paku air berwarna hijau yang terapung air. ukuranya antara 1-4 cm, memiliki bentuk daun segitiga atau kotak. tumbuhan paku sangat cepat dan mudah tumbuh bahkan disawah pun dapat tumbuh.azolla memiliki protein tinggi yaitu 31% , protein inilah yang membuat para pembudidaya ikan nila banyak yang mencari.



D.  Pakan ikan Patin

makanan ikan patin akan berubah dengan bertambah umur ikan patin itu sendiri. larva putih yang berumu 0-2 hari, belum diberi pakan tambahan karena masih mempunyai cadangan makanan berupa kuning telur (yolk)  yang menempel diperut. umur 2-7 hari, larva patin diberi pakan telur artemia sp. umur 7-15 hari, larva patin diberi pakan cacing sutera atau tubivex sp. jika sudah berumur 15-30 hari, sudah dapat diberi pakan pelet berbentuk tepung dengan kandungan protein minimal 40%.

 itu lah tadi jenis makanan ikan-ikan tersebut.......

simak video berikut......