TERNYATA SSAYURAN JUGA MEMILIKI PERAN PENTING DALAM TUBUH IKAN LOH!!!

 Makanan ikan hias alami untuk ikan kecil

makanan harus sesuai dengan ukuran umur pada ikan, seperti ikan kecil juga harus mendapat makanan berukuran kecil juga. walaupun mereka masih kecil namun, ikan juga butuh asupan yang pas.

sebenarnya pakan untuk anak ikan sudah ada dilingkungan sekitar, itu juga sudah memiliki gizi lengkap dan tentunya mudah didapatkan.

simak makanan untuk ikan kecil sebagai berikut:

1.  cacing sutra

sama seperti cacing lainya memiliki badan yang panjang namun cacing ini berukuran tipis dengan warna merah dan biasa disebut cacing darah.cacing ini biasa ditemukan diperairan yang memiliki tanah organik.

cacing sutera ini memiliki kandungan yang dapat mencerahkan warna padaikan ikan pada saat masih kecil. seperti jenis ikan cupang, ikan guppy, dan lain sebagainya.

2.  jentik nyamuk

jentik nyamuk juga bisa menjadi makanan ikan hias bukan hanya untuk anak ikan saja loh!. jentik nyamuk juga memiliki kaandungan protein yang berfungsi supaya ikan bisa melakukan proses reproduksi.

3.  arthemis (sejenis udang ukuran kecil )

jenis udang kecil ini berfungsi untuk pakan ikan yang masih kecil. anak udang ini dapat dicincang karena memadai ukuran mulut yang kecil pada anak ikan.

4.  kutu air

pakan satu ini memiliki kegunaan hammpir sama dengan cacing sutra, dapat mempercerah warna kulit ikan. jika anda sulit menemukan kudu air anda bisa membuat kolam kusus untuk kutu air. anda masih bisa mendapatkanya melalui peternak cacing atau kutu air yang kusus.


b) Makananikan hias kecil atau besar

kali ini pakan hias yang  dapat anda buat sendiri, atau pabrik pakan ikan yang dapat anda temui di toko terdekat. berikut ini anda dapat membuatnya dengan mudah dan cepat.

adabanyak ragam pakan ikan yang dapat anda buat sendiri, namun harus sesuai dengan badget yang anda miliki.

>  tablet

makanan yang berbentuk tablet ini seperti obat, teksturnya juga padat. hanya untuk ikan dewasa dan suka berenang, bergrombol dan suka makan bersama-sama.

>  flake

berbentuk seperti lembaran harus dihancurkan sebelum dikonsumsi ikan. jenis pakan ini termasuk pakan yang sifatnya mengapung. pakan ini biasa untuk ikan yang suka berenang dipermukaan air.

>  granule 
pakan ini berbentuk bulat dan sangat padat sehingga menyebabkan pakan ini mudah tenggelam, pakan ini sangt cocok untuk ikan yangsuka bernang didasar air.
anda harus bisa mengetahui kebiasaan ikan anda,apakah ikan tersebut suka berenang didasar atau di atas air. apakah pakan tersebut juga cocok untuk anak ikan atau ikan dewasa. 
maknanan anda juga bisa dikombinasikan dengan pakan lain, jika ikan anda memerlukan 2 jenis makanan ikan dan ikan agar tidak bisa merasakan bosan dengan makanan yang hanya itu-itu saja.

b) Makanan Ikan yang segar dan sayuran
makanan ini termasuk makanan ikan yang segarini adalah pakan yang bisa anda berikan pada saat sayuran tersebut masih segar.
diantaranya pakanan yang segar adalah:
wortel
tidak hanya manusia yang menyukai sayuran seperti wortel, hewan juga berhak menyukai makanan jenis wortel ini. justru kandungan dan manfaat wortel dalam tubuh ikan juga sangat banyak. maknanan tersebut memiliki manfaat bagi tubuh ikan yang hampir sama dengan kutu air yaitu mencerahkan warna kulit pada ikan.
dengan demikian ikan tidak bisa memakan wortel pada keadaan wortel besar, tekturnya yang keras membutuhkan ikan untuk memkan dalam keadaan wortel sudah dicincang halus.
>  timun
justru timun sendiri kaya akan manfaat bagi tubuh ikan, timun memiliki manfaat menambah gizi dan juga energi pada ikan.
manfaat yang sangat banyak pada timun yaitutimun ternyata juga berfungsi menambah napsu makan ikan hias yang cukup baik untuk pertumbuhanya.

lihat video berikut.