AYO KENALI JENIS DAN BENTUK MAKANAN IKAN SEKARANG JUGA!!!

 MAKANAN YANG BAGUS UNTUK IKAN HIAS

 

Sperti manusia hewan juga makhluk hidup yang membutuhkan makanan. maknan juga bagi ikan menjadi peran penting demi kelangsungan hidup dan guna bagi tumbuh kembang ikan tersebut. 

banyak sekali jenis makakanan ikan hias yang dijual dipasaran, karena banyak juga yang memlihara ikan dan pastinya beragam juga harga yang diperjualkan. bahkan ada yang memberi pakan pada ikan dengan makanan yang alami, ada juga pakan segarsampai pakan buatan untuk ikan hias tersebut. 


dalam pemelihara pakan ikan kita tidak hanya untuk memberikan ikan hias dengan pakan komersial saja. maka, anda juga perlu memberikan pakan segar dan alami.

bermacam-macam para pemelihara ikan menaruh ikan tersebut, jadi kita juga harus bisa membedekan makanan apa yang cocok untuk kita berikan. ada yang menggunakan kolam, ada juga yang menggunakan akuarium. 


jadi kita dapat memilah mana makanan yang cocok untuk peliharaan anda. maka anda tinggal menyesuaikan makanannya dengan kebiasaan ikan hias serta yang sesuai dengan ukuran mulut mereka. jadi susah-susah gampang ya dalam memilih makanan ikan peliharaan anda. 


cara merawat ikan hias dengan baik dan benar, cukup dengan memberikan makanan yang bagus dan sehat, dengan mengganti air dengan teratur. kalau anda tidak mau ribet apalagi untuk ikan hias yang berada di akuarium , cukup beri pakan pada ikan dengan yang instan atau mudah.

Makanan ikan hias pun tidak boleh sembarangan, karena jika sembarang akan membuat ikan cepat mati atau tidak mau makan dan lama kelamaan ikan akan mati dengan sendirinya. maka anda harus bisa membedakan ikan lain dengan lainya karena ikan berbeda jenis ia juga berbeda pakan.


jenis pakan ikan berdasarkan bentuknya.

>  pakan yang berbentuk tepung adalah pakan yang yang sangat umum diberikan pada ikan. anda para pembudidaya dapat membeli pakan berupa tepung halus.

>  pakan berbentuk butiran kecil atau biasa disebut pelet. pelet dikenal lebih mahal ketimbang pakan yang berbentuk tepung, karena kandungan nutrisi dalam pelet lebih banyak ketimbang tepung itu sendiri. 

>  selanjutnya pakan yang berbentuk butiran pecah atau pakan yang dipecah. agar mudah dimakan oleh ikan.

Ada dua jenis pakan ikan berbentuk pelet, yaitu pelet terapung dan pelet tenggelam

a)  seperti namanya pelet terapung, pada saat pelet disebar pada kolam atau akuarium yang berisi ikan. maka, pakan tersebut akan terapung pada permukaan air. keuntungan pada pakan pelet terapung ini agar mudah mengontrol jumlah pakan yang dimakan. dan pakan ini memiliki formula sesuai dengan kebutuhan ikan tersebut.

b)  pelet tenggelam akan terjatuh kedasar kolam atau akuarium. memang pada awal penebaran pakan akan terapung namun beberapa saan pakan tersebut akan tenggelam ke dasar kolam atau akuarium.

itulah jenis dan bentuk makanan ikan hias...

mari lihat video berikut ini.